Recent Posts

Kamis, 29 Juli 2010

CARA MEMBUAT JARINGAN KOMPUTER

Apakah anda pernah melihat seseorang sedang bermain game di satu komputer melawan seseorang pada komputer lain (Multiplayer game) ? atau pernah pergi ke warnet dan anda dapat melihat isi data dikomputer lain?

nah hal inilah yang akan kita bahas pada tulisan saya kali ini..

Pada intinya kita akan mengkoneksikan dua atau beberapa komputer agar bisa saling bertransfer data. kelihatannya ribet sih, tapi smoga dengan tulisanku ini, semua akan menjadi mudah, karena saya akan menjelaskan secara sederhana dan simpel saja agar mudah diikuti pembaca.

Pertama, peralatan yang harus di persiapkan antara lain adalah :

1. komputer (lebih dari satu)

2. kabel LAN atau biasa disebut dengan kabel UTP

3. Switch/Hub (apabila lebih dari dua komputer)


Pertama kita harus mempunyai kabel LAN / UTP, kabel ini bisa dibeli di toko2 yang menyediakan perlengkapan komputer, biasanya membelinya dengan panjang per meter, namun kabel ini belum di pasang konektor (RJ 45 standart), jika anda baru belajar, sebaiknya anda tidak memasang sendiri antara konektor dan kabel (kecil dan rumit serta menggunakan tank khusus untuk memasangnya), ada baiknya anda meminta orang yang jual untuk memasangnya sekalian.

Kedua, anda juga harus mempunyai Switch / Hub apabila ingin mengkoneksikan lebih dari dua komputer. alat ini nantinya akan berfungsi sebagai perantara antara banyak kabel UTP ke banyak komputer, biasanya ada yang mempunyai jumlah lubang 8 atau 16 dst. gambarnya seperti dibawah ini.

Ketiga, masukkan ujung satu sisi kabel UTP yang sudah di pasang konektor RJ 45 ke lubang-lubang yang tersedia secara berurutan ( agar gak bingung bro ), sedangkan ujung sisi yang lain colokkan ke PC, kalau pada indikator lampu sudah menyala berarti kabel sudah terpasang dengan benar, cukup mudah kan?? he2...

Keempat, langkah selanjutnyaa adalah mengkonfigurasi alamat IP ( Internet Protocol ) PC kita agar antara komputer satu dengan komputer lainnya dapat terkoneksi. nah yang ini baru agak rumit dikit, butuh ketelatenan dan kesabaran bagi yang belum pernah. langkah - langkahnya sebagai berikut :

Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol)

Pada windows XP

Pilih Network Connection (Start–>Control Panel –>Network Connection )
• Pilih Local Area Connection
• Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
• Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask
Contoh :
komputer1 IP Address : 192.168.1.1
komputer2 IP Address : 192.168.1.2
komputer3 IP Address : 192.168.1.3
komputer4 IP Address : 192.168.1.4
dst..
Subnet Mask harus sama : 255.255.255.0

Pada windows Vista

klik, control panel ---> view network status and task ---> manage network conections ---> klik ganda icon komputer LAN ---> klik TCP/IPv4 ---> properties ---> use the following IP adress


Ip address di atas harus selalu berurutan, antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Alamat IP di atas hanya sebagai contoh.

Setelah selesai memberi alamat IP pada masing-masing komputer, kita lakukan pengecekan sambungan dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Caranya adalah dengan melakukan ping. bagaimana caranya ???

Klik Start, Pilih Run —>> ketik cmd dan enter, maka akan muncul comand prompt.

atau tekan, windows + R secara bersamaan maka akan muncul comand prompt.

Ketik dari komputer yang satu menuju komputer yang lain dengan menggunakan alamat IP dari komputer yang dituju. Misalnya, anda melakukan pengecekan koneksi dari komputer 1 ke komputer 2, maka ping yang dilakukan adalah : ping 192.168.1.2

dan seterusnya, jika anda memiliki lebih dari 2 komputer yang dihubungkan.

bila ada peringata "time out" berarti penulisan IP belum benar atau tidak saling berurutan


Namun seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini teknologi Switch/Hub sudah mulai tergantikan dengan hadirnya teknologi baru yang bernama Wareless Lan, teknologi ini tidak membutuhkan kabel lagi seperti yang sering kita manfaatkan pada lokasi hot-spot dengan teknologi wi-fi


oke, sekian dulu sekelumit pengalaman dari saya , semoga bermanfaat, amien..... salam hangat

jauharieffendy.webs.com