Recent Posts

Kamis, 29 Juli 2010

CARA INSTALASI, AKTIVASI DAN REGISTRASI MODEM

Oke, pada tulisan sebelumnya, saya telah sedikit membahas tentang beberapa syarat yang harus di penuhi untuk ber-internet hemat dirumah, nah sekarang saya akan memberikan panduan untuk cara aktivasinya pada provider,


pertama, saya akan membahas tentang instalasi modem pada PC anda, yang anda harus lakukan cukup mudah, untuk, modem-modem keluaran terbaru, biasanya mengadopsi sistem plug and play, jadi drivernya sudah tidak berupa CD lagi melainkan sudah ada pada modem itu sendiri, apabila dalam paket pembeliannya disertakan CD driver, maka anda tinggal memasukkan CD tersebut pada CD/DVD room di PC anda.


Cara menginstall driver :
1. masukkan CD driver pada CD room PC anda, dan pasang juga modem yang sudah di isi dengan kartu prabayar anda pada lubang USB, maka secara otomatis komputer anda akan mendeteksi adanya hardware baru, kemudian tekan Install-NEXT-NEXT dst. terakhir biasanya ada tombol FINISH! selesai deh instalasi drivernya, SELAMAT!!

2. Restart komputer anda agar proses instalasi berjalan sempurna.

3. Pada desktop layar komputer anda biasanya ada icon baru, lalu klik dua kali icon tersebut. kalau tidak muncul icon di desktop anda, coba cari di START-ALL PROGRAM-DRIVER MODEM ANDA.

4. Apabila program sudah terbuka, klik pada menu SMS, (sebenarnya pada tahap ini kita sudah bisa mengakses internet, tapi tarif yang terpakai adalah tarif pulsa reguler, sehingga pulsa anda akan termakan habis oleh pemakaian jumlah per kb, jadi kita harus register dulu ke provider, dalam percontohan ini kami gunakanTelkomnet Flexy, nanti kami juga bahas aktivasi provider lainnya)

5. Pada menu SMS, klik new SMS, kemudian ketik reg bulanan (jika anda ingin paket bulanan), reg mingguan, atau reg harian, pilih salah satu tergantung pada budget yang anda punya saja (Catatan : bila anda memilih paket bulanan, maka pulsa anda saat itu harus bernominal lebih dari Rp. 50.000), lalu kirim ke 2255, contoh : reg bulanan kirim ke 2255, maka anda akan mendapatkan balasan seperti di bawah ini :

Flexinet Unlimited Bulanan Anda telah aktif, username:xxxd7usb@free, password:telkom, dial up ke #777. Tarif Rp. 50.000 per 30x24 Jam.

6. Nah, apabila anda sudah mendapatkan username dan passwordnya, maka anda tinggal memasukkannya dengan cara sebagai berikut :
a. klik menu Setting pada software modem yang sudah dibuka tadi
b. masukkan username pada kolom username, dan password pada kolom password
c. kolom yang lainnya tidak usah dirubah, biarkan pada status default-nya saja.
d. save atau add
7. Apabila proses registrasi sudah selesai, tekan CONECT!

Demikian adalah panduan sederhana cara aktivasi provider pada modem CDMA dengan menggunakan kartu prabayar Flexy, pada tulisan selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara aktivasi pada kartu-kartu yang lain.

Sekian dulu dari saya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan ini, SELAMAT MENCOBA! SALAM HANGAT DARI jauhari@muslim.com


0 komentar: